Translate

#RinHack : Finansial Masa SMA Rp.20.000? Kenapa nggak bisa tabung?

Rinne kembali sebagai anak ekonomi yang beneran nih. Gue mau bahas uang jajan gue. Kalian nggak salah denger ketika gue bilang uang jajan gua Rp. 20.000 serius. Gue selalu menarget di akhir bulan gue nggak proletar gitu loh. Makan pun akhir bulan gua punya duit 50k. Alasannya masih, buat kuliah. Lumayan kan, 50x12 udah dapet 875k sejauh ini ditambah jadi guru les, dan ngeblog. Orang tua nggak pernah menuntut gue dengan bekerja sih, karena kemauan gue dan usaha gue biar gue tetap kuliah, paling nggak S2 lah. Gue adalah orang yang paling benci ketika temen ada yang bilang gini.

“Gue cuma bawa duit 30 nih.”

“Duh, tadi ortu gue cuma ngasih 35 doang, langsung balik nih!”

“Yailah, 40 doang gue makan apaan coba? H***** aja nggak laku.”

Gue sih agak memaklumi yah. Mungkin dari kecil mereka dibiasakan untuk menerima uang jajan banyak, dan untuk belanja yang berkelas juga. Tapi tunggu, itu bukan belanja yang berkelas. Belanja yang berkelas, adalah belanja yang sesuai dengan prinsip ekonomi, “Mendapat kepuasan yang banyak, dengan pengorbanan yang sedikit.” Artinya, kita harus memikirkan apa yang akan kita butuhkan di masa depan, bukan apa yang harus kita mau saat ini.

Rinne biasanya banyak mau, pengen seblak lah, makaroni ngehe lah, segala macem. Tapi gue tipe manusia gila ekonomi. Tau nggak sih, kadang gua notifikasi Kebayoran Lama Bungur nggak kedenger. Mau sih ke pim, tapi kadang nggak kedenger. Sengaja sebenernya, kalo nggak gitu, gue nggak bakal lanjut dan pulang lambat karena harus nunggu kartu satu jam. Gua itu tipe mager juga sih, lagian lu kalo di Kebayoran Lama Bungur mau ngapain? Gua gila kali kalo jalan kaki ke PIM/Gancit.

Walaupun gue pernah ngelakuin karena dulu gue anak metro. Meski gue 15k juga masih diprotes emak, karena katanya gua musti bersyukur karena temen gue ada yang uang jajan sama kaya gua katanya, tapi bisa nabung lebih banyak dan pas gua tanya uang jajan dia 30k kalo ada eskul bisa tambah 10-15k gue nggak kaget sih ya. Yaudah, sebagai bocah yang dulu kelas 6 cuma dikasih 2k dan smp 5k dan sma 20k makan tanggung sendiri kadang, ini tips dari gua.

1. Kita anak SMA selayaknya sudah mengerti Skala Prioritas      

Apa sih skala prioritas? Skala prioritas adalah tingkat keperluan kita, artinya, kitalah yang akan menentukan apa yang harus kita dahulukan untuk menjaga uang kita agar di masa depan kita punya simpanan sendiri untuk apa yang akan kita tuju.  Gue akan beli buku, nah gue akan ikut pre-order. Selama pre-order itu, gue akan nabung mati-matian karena prioritas gue itu beli buku.


2. Nabung di Bank

Nabung di bank ini juga jadi solusi kamu. gue pernah denger kalo setiap bulan untuk nabung di bank itu musti 50k. tapi 17 tahun dulu, kalo belum, titip aja di bank atas nama ortu, atau bikin tabungan junior. Gue sendiri nitip bank ortu sih kalo untuk pembayaran hehe, atau gue inget gue nyimpen di OVO. Gue biasa top-up di minimarket 50k. lumayan buat belanja lebih hemat, bukan ngutang lagi.

3. Jangan pakai kartu kredit

Nah, kalo kita pakai kartu kredit, biar semua itu ditanggung orang tua, kita nggak bakal bisa ngatur uang kita. Lagian nih ya, gue nggak suka ngutang, meskipun utang ke emak ada. Nah, selain itu ya, kita nggak punya tanggungan di akhir bulan, kecuali kamu mampu bayarnya. Kamu juga lebih baik uangnya untuk bantu orang tua. 

4. Cari biaya dari hobi

Gue pribadi sih lebih ke hobi nulis nah gue coba nerbitin malah gagal ya kan, tapi untuk blog bisa dibilang berhasil, dan gue suka banget ngajar, maka dari itu gue punya penghasilan double pas SMA ini. Adsense gue udah diapprove gue punya siswi kelas 5 SD dan dia juga sumber penghasilan gue, sebagai anak kelas 10 gue bangga dengan apa yang gue raih buat gue kuliah. Atau, kamu juga bisa jualan online, kaya di Tokopedia, Blibli, OLX, Shopee, dan lainnya, ya aku tau kalian lebih hebat dari Dede Rinne dalam belanja. 

Jadi itu tips dari RinneReichan mengenai finansial kelas 10 untuk ditabung, jadi ...

quotes of session : Berhenti mengeluh, Mulai inovasi sejak dini

yang mau masuk sekolah tanggal 25 Juni 2018

-Rnnereichan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "#RinHack : Finansial Masa SMA Rp.20.000? Kenapa nggak bisa tabung? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel