Translate

#RinTrivia : Dari PETA, Indonesia Merdeka

RinTrivia akhirnya sampe di kota gebetannya Rin #eeh. Salah-salah, kita udah sampe di kota Hujan! Kota Bogor. Tibanya saya di Bogor, merubah cara bicara. Biasanya pakai Bahasa Jaksel yang which is, which is, berubah jadi bahasa Sunda.

Kumaha damang? Ayeuna geus kadieu? 

Kita ke Bogor dengan misi #RinTriviaExploringJava dong. Kita mau jelajah pulau kita dulu, baru kita nyebrang pulau, siapa ngerti tahun depan nyebrang negara?

Oiya guys, kita sampe ke Bogor Tengah. Tau nggak, kemaren itu aku satu Kota sama gebetan, tapi aku suruh jemput dia nggak enak badan. Jadi aku agak kesel, sampe aku ngomong, "nggak wafat aja sekalian."

Kebetulan, Rin ke Bogor sama kak Mardhiyah, sama kak Ana. Sebenarnya Rin itu tipikal anak yang berani naik bus sendiri, nggak berani naik kereta sendiri.

Yok, kita jalan. Kita mulai dari Stasiun Bogor. Di stasiun Bogor, panas banget. Akhirnya Rin, kak Mardhiyah, sama kak Ana akhirnya ke minimarket mainstream buat beli minum. Tapi, Rin justru kepengen beli es krim marshmallow dan nggak ada dong. Akhirnya kita keluar. Terus tau nggak? Ada adik kelas yang inget aku dan aku nggak inget dia. Ih tolong dong gue jadi kakak kelas bolot. Selanjutnya kita ke mushola belakang parkiran, karena Rin lagi nggak shalat ya, jadi Rin nunggu di depan.

So, kita langsung naik angkot hijau nomor 07 dong. Oh ya, for your information, kalo di Bogor itu ada 2 tipe angkot, biru dan hijau, kalo biru itu untuk Kabupaten Bogor, dan hijau itu untuk Kota Bogor, btw ini informasi dari temen aku yang orang Bogor. Kita sempat mampir beli es jeruk. Tapi disuruh neduh sama abangnya kita ngeyel, hujan-hujanan kita. Neduh di DPR (Di bawah Pohon Rindang) Tapi kehujanan juga.

Kita disambut hujan di kota hujan.

Hari itu aku menyesal pagi-pagi aku udah keramas.

Saat hujan reda, kita masuk. Kalian harus tau, sepi, kaya hati. Oiya, aku kesini sebelum anak ISJ, jadi aku lebih dulu tau. Tanggal 3 November aku kesini. Cuma update threads too late. Karena tanggal 5-9 itu kami ada acara, tanggal 12-16 itu nggak ada yang berani buka elektronik.

Jadi itu alasannya. Lanjut? Yuk!


Kita disambut Jenderal Soedirman dan Shodanco Supriyadi.



Nah, kalian harus tau, untuk masuk Museum PETA di Bogor ini, paling nggak, kita butuh uang Rp.10.000. Karena untuk masuk kita dikenakan biaya tiket. Sebagai Tour Planner aku kaget. (Sebab tim yang sebelumnya kesana bilang 2500.  bohongin gue mereka) Nah, setelahnya, kita masuk ke diorama pertama. Nah, di diorama ini, kita melihat sebenarnya, PETA itu apa sih dan dimana aja?

Rin yang masih belajar sejarah pas di imperialisme yang terjadi Indonesia beruntung, karena apa? Bagus buat referensi ujian. Diorama pertama PETA, dari seragam, daerah persebaran PETA nah ini aku foto di bawah peta persebaran pasukan PETA. Gaya bangunannya yang klasik, buat kita kembali ke masa Jepang berkuasa di masa lampau.

Terus, di diorama 1 ini juga ada teks, berhasil aku baca dan aku pahamin. Selain itu ada pangkat dan artinya di bahasa Indonesia.

Shodanco, Daidan-cho dan lainnya, termasuk banyak pangkatnya, saya masih mempelajari dan menyimpan di ponsel.

Selanjutnya, diorama 2, nah di diorama 2 ini banyak kata-kata mutiara.

Lalu, disitu juga ada benda yang terselamatkan dari jaman pemberontakan PETA. Kaya tas, terus persenjataan.

Untuk kalian yang punya cita-cita di bidang milisi, bisa kesini, sumpah aku nggak kenal tentang senjata peperangan karena aku lahir Alhamdulillah Indonesia udah merdeka, jadi aku nggak kenal. Fyi, disini banyak banget jenis persenjataan, mulai dari Laras Panjang sampai dengan laras pendek ada semua. Terus, yang sama antara diorama 1 dan 2 itu ada kaya mannequin yang menjadi ilustrasi perjuangan PETA di masa lalu.

Kita bertiga kalo liat mannequin membayangkan sesuatu yang horror, seperti salah satu mannequin nengok ke arah kita. Creepy guys, untung nggak kejadian. Nih, mannequinnya.



Setelahnya, kita menuju Jenderal Soedirman di belakang museum. Kita juga foto loh disana. Sendiri-sendiri mode.

Ini salah satu fotonya.


Setelah itu kita makan. Nah, makan ini aku nggak tau harus malu atau bangga. Aku beli dada ayam gepuk yang sambelnya pedes banget, terus pake nasi minumnya air mineral. Tau nggak berapa? 25.000. Terus, yang lagi challenge 50.000 ke Bogor dari Tangerang alias kak Mardhiyah sama kak Ana, makan nasi, sate pake sambel, minumnya bawa dari rumah, kak Ana beli teh. Aku nggak tau deh harus ngomong apa. Tapi perjalanan ini, biaya yang aku keluarin :

Kereta Pondok Ranji-Bogor (PP) : 14.000
Angkot (PP)                                  :   8.000
Masuk Museum PETA                  : 10.000
Makan + Minum                           :  25.000
Ice cream Marshmallow               :    4.000
Total                                              :  61.000

Kenapa nggak tembus 65.000? Sebab ke stasiun Pondok Ranji, dan dari Pondok Ranji aku dijemput, ada cerita nih, dari Tebet ke Pondok Ranji naik kereta, aku ditemenin si Dean kebetulan dia lagi di VO mau ke Jatinegara, yaudah dia temenin aku dulu. Jadi itu cerita aku dalam sehari, ke Museum PETA, Get your everything? My Reichan only!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "#RinTrivia : Dari PETA, Indonesia Merdeka"

  1. Gw orang bogor asli, Lahir dibogor. Tapi gak pernah ke museum PETA:v Nah kalau untuk informasi warna angkot itu lumayan berguna.

    BalasHapus
  2. Itu ice cream subhanallah

    BalasHapus
  3. Kapan challenge ke Bandungnya? Wkwk

    BalasHapus
  4. Wah dirimu piknik ya.. seru bgt Shay.. kok akuh ga dapet oleh2 talas sih? Hiks. Sudahlah lupakan akuh #lho

    BalasHapus
  5. Kuring menyakiti sareng haté ngejat mun aya dina masalah anu ageung lumangsung dina perkawinan abdi tujuh bulan ka tukang, di antara kuring jeung salaki kuring. jadi pikasieuneun pisan yén anjeunna nyandak hal ieu ka pangadilan pikeun cerai. anjeunna nyarios yén anjeunna moal resep deui sareng abdi, sareng anjeunna moal bogoh ka abdi deui. Anjeunna anjeunna dipak kaluar-bumi sareng ngajantenkeun abdi sareng murangkalih abdi ngaliwat nyeri parna. Abdi nyobian sadaya cara anu tiasa waé pikeun nyayogikeun deui, teras nyuhunkeun, tapi sadaya teu ngeakeun.in anjeunna parantos nyarios yén anjeunna parantos nyieun kaputusan, sarta anjeunna henteu pernah hoyong ningali kuring deui. Janten dina hiji sore, nalika abdi ucing deui tina pagawean, abdi pendak sareng sobat guna anu sanés nanyakeun ka salaki kuring. Ku kituna abdi ngécéskeun unggal hal manéhna, jadi anjeunna ka kuring yén hiji-hijina cara anu tiasa nampi ku salaki deui, nyaeta ngadatangan caster mantra, sabab estu digawé pikeun anjeunna teuing.So abdi pernah percanten ngeja, tapi abdi teu boga pilihan sejen, ti turutan nasihat-Na. Lajeng anjeunna masihan abdi Email alamat tina mantra mantra anu ngadina. Janten isuk-isuk anu sanés, abdi ngirimkeun surat kana alamat anu anjeunna masihan ka abdi, sareng mantra mantra ngajénkeun yén abdi bakal nampi salaki kuring dina poé saterusna. Naon hiji pernyataan endah pisan !! Kuring pernah percaya, ku kituna anjeunna nyarios sareng abdi, sareng ka abdi sadayana anu kedah abdi lakukeun. Mukang isuk-isuk isuk-isuk, surprta héran, salaki kuring anu henteu nyambung kuring kanggo 7 bulan terakhir, masihan kuring telepon pikeun nginpokeun ka kuring yén anjeunna nuju balik. Jadi Endah pisan Ku kituna ieu pisan kumaha anjeunna parantos sumping deui dina dinten anu sami, kalayan seueur kaasih sareng kabagjaan, sarta hapunten hapana, sareng ka nyeri anu anjeunna disababkeun abdi sareng barudak urang. Lajeng ti dinten éta, hubungan kami ayeuna leuwih kuat batan kumaha sateuacanna, ku bantuan Dr. WEALTHY. Ku kituna, abdi bakal saran anjeun kaluar upami anjeun ngagaduhan masalah ngahubungan anjeunna, abdi masihan abdi 100% jaminan anu anjeunna bakal nulungan anjeun .. Surélék anjeunna dina: wealthylovespell@gmail.com, atanapi anjeun Whatsapp anjeunna. + 2348105150446 Hatur nuhun asoooo teuing !!!

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel