Translate

Sumpah Pemuda : Ini Penerapannya Untuk Masa Kini!

Halo teman-teman! Sudah lama tak berjumpa. Hari ini Rin sekalian ngerjain tugas dari Pak Agus, Guru Sejarah Rin. Jadi, begini tugasnya ya, ku jelaskan. Jadi aku ditanya, bagaimana sih penerapan Sumpah Pemuda pada zaman ini? Zaman dimana Millenial dan generasi Z kaya Rin Anne Reichan banyak bertahan hidup.

(Hidup dengan hotspot dan keuangan yang aduhai, pas banget sekarang)

Sekarang, periode sumpah pemuda 28 Oktober 1928 merupakan sebuah periode yang sangat penting. Karena, peristiwa tersebut merupakan sebuah periode yang berhasil mempersatukan bangsa. Dari berbagai daerah, akhirnya Indonesia bersatu dalam sebuah kongres, Kongres Pemuda ke-2 pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Jadi, apa aja sih menurut Rin Anne Reichan?

1. Hafal dan Menerapkan Sumpah Pemuda

Iya, tau, tapi banyak loh yang nggak hafal Sumpah Pemuda, aku dari SD kelas 5 masih hafal. Kalo nggak percaya, nih, ketikan aku tanpa liat Google.

Kami, Putra dan Putri Indonesia
Mengaku, bertumpah darah satu
Tanah Air Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia
Mengaku, berbangsa satu
Bangsa Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia
Menjunjung tinggi bahasa persatuan
Bahasa Indonesia

So, kamu hafal nggak?

2. Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik

Sumpah pemuda sendiri merupakan janji para pemuda di Indonesia untuk bersatu. Salah satunya menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Jadi, kita boleh belajar bahasa lain, tapi, kita punya identitas, yaitu Bahasa Indonesia. Buat kamu yang ngomongnya masih ke-jaksel-an, yuk, pakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena itu identitas kita.


3. Berteman Tanpa Memandang Ras

Kenapa? Karena sebelum adanya sumpah pemuda, kita masih bersifat kedaerahan sehingga kita belum bisa mengusir penjajah. Nah, kita bisa berteman dengan teman-teman yang notabene beda daerah. Jangan karena perbedaan, kita nggak bisa main bareng. Terus, jangan karena berbeda pilihan politik, kalian jadi pecah. Mengingat ini juga tahun politik.

4. Belajar Dengan Giat

Seperti yang kita tahu, Sumpah Pemuda ini diprakarsai juga sama tokoh-tokoh terpelajar, sehingga berhasil mempersatukan bangsa. Dengan kita belajar lebih giat, kita bisa mempertahankan bangsa kita. Bahkan dapat mengubah peradaban Bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Nah, bangsa kita, ada di tangan generasi muda. Yuk, jadi generasi berkualitas.

5. Mengikuti Upacara Dengan Khidmat

Nah, yang terakhir ini. Kadang, kita sebagai anak SMA mager turun untuk upacara, musti dibilangin yang denger suara saya tepuk satu kali, dst. Tetapi guys! Di Upacara Bendera juga kita bisa menerapkan nilai cinta tanah air. Sebab begini ya, di upacara itu ada Mengheningkan Cipta untuk mengenang jasa pahlawan, pembacaan Undang-undang dasar, dan pancasila sebagai ideologi negara kita, serta pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Jadi, jangan sampe deh, kamu nggak ikut upacara bendera.


Nah, itu tadi 5 hal yang harus kita terapkan buat jadi pemuda Indonesia yang berkualitas dengan Sumpah Pemuda di masa kini. Jangan sampai, kita sendiri yang memecah bangsa kita.

Cheers,

Rinnesia Threads

Langganan yuk Netizens!:

4 Responses to "Sumpah Pemuda : Ini Penerapannya Untuk Masa Kini!"

  1. Mantap sekali Riiin artikelnya..
    Uuuuh dedek panutanqu..
    Tetap menjadi rin yang menginspirasi yaaa :)

    BalasHapus
  2. Mantul kak threadnya. Semoga bisa saya implementasikan dalam kehidupan seharihari

    BalasHapus
  3. Setuju deh, bahasa nih penting sekali bahasa indonesia yang baik dan benar, sering dijumpai ngomongnya campur campur inggris-indo-bahasa daerah, pusingg

    BalasHapus
  4. Mantap banget kak artikelnya. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel