Translate

Harapan Untuk Ibu Kota Indonesia Setelah Pindah Dariku...


Hai! Back with Rin, siswi SMA yang punya Rinnesia Threads!

Pernah dengar wacana pemindahan Ibu kota dari Jakarta? Rin juga. Aku salah satu yang setuju dengan pemindahan Ibu kota dari Jakarta ke kota lain. Meskipun aku tinggal di Provinsi DKI Jakarta, aku merasakan kalau Jakarta kita ini udah nggak ideal lagi untuk jadi Ibukota. Nah, Rin punya infografik ciamik ala Rinnesia Threads yang isinya alasan kenapa kita harus pindah. Kamu bisa lihat disini nih.


Kenapa sih Intrusi air laut itu nggak baik untuk Ibu kota negara? 


Kalian harus tau, beberapa waktu lalu, Intrusi air laut itu sudah sampai di Jakarta Pusat. Nah, apa sih intrusi air laut? Intrusi air laut adalah proses masuknya air laut ke tanah. Harusnya, ada dong air tanah yang rasanya tawar? Nah karena intrusi air laut ini, maka pengaruh terhadap air tanah pun airnya jadi asin dan nggak layak digunakan. Pengaruh intrusi air laut bisa kamu liat disini gengs!



Nah intrusi air laut ini juga bisa menyebabnya penurunan tanah di Jakarta. Kamu harus tau nih, intrusi air laut itu terjadi karena pengangkatan air tanah secara berlebihan. Nah, karena ada lahan kosong yang seharusnya dilalui sama air tanah, malah diisi dengan air laut yang sifatnya korosif. Kalau dibiarkan, intrusi air laut ini bisa menyebabkan tanah menjadi amblas. Saat ini yang terparah adalah Jakarta Utara.

Belum lagi macet di sepanjang Ibu kota yang tidak terkendali. Misalnya di Mega Kuningan atau di Pusat Grosir Cililitan. Keadaan ini diperparah dengan Jakarta yang disebut sebagai kota dengan polusi terparah. Padahal seharusnya, Ibu kota itu adalah pusat pemerintahan yang bisa aman dari ancaman bencana dan nyaman.

Kemana Ibu Kota Akan Dipindahkan? 


Kalau saya yang ditanya, saya akan memilih Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Karena, menurut Rin Palangkaraya itu tidak dilalui Ring of Fire (Cincin Api / Rangkaian Gunung Berapi) dan dia berada di tengah, jadi tidak rawan tsunami dan intrusi air laut seperti Jakarta.

Mengapa demikian? Ini nih infografik yang bisa kamu simak!


Masalah pemindahan Ibu kota ini sebenarnya sudah dilakukan oleh negara adidaya Amerika Serikat yang memindahkan Ibu kota New York menjadi Washington DC.

Setelah Pindah Ibu Kota, Jadi Apa Jakarta?


Gengs, kamu harus tau ini Jakarta itu kota megapolitan dan bukan metropolitan lagi. Mungkin, nantinya ketika Ibu kota berpindah ke provinsi lain, kita dapat menempatkan Jakarta sebagai pusat keuangan. Karena kegiatan bisnis banyak terjadi di Jakarta.

Selain itu, para ahli sudah prediksi kalau 2030 Jakarta akan tenggelam, karena masalah intrusi air laut tadi, yang aku jelasin di awal. Masalah intrusi air laut merupakan salah satu hal yang gawat. Aku hanya bisa berharap kalau Ibu kota benar pindah. Karena Jakarta kita ini cukup jadi pusat keuangan negara.


Harapan Rin sebagai Pelajar Ibu Kota untuk Ibu Kota yang Baru?


Aku berharap kalau Ibu kota yang baru bisa menjadi daerah yang aman, nyaman, tentram. Selain itu, dengan pindahnya Ibu kota aku berharap kalau pendidikan itu nggak cuma berfokus di pulau Jawa. Bisa juga di Kalimantan karena Ibu Kota berada di Palangkaraya. Selain itu, aku juga berharap kalau setelah status Ibu kota nggak disandang Jakarta lagi... pembangunan infrastruktur di Ibu kota yang baru bisa cepat, tanpa menghilangkan status Indonesia sebagai paru-paru dunia. Aku juga berharap kalau nanti, Ibu kota kita bebas dari polusi. 

Saranghaeo,

Rinnesia.

Langganan yuk Netizens!:

11 Responses to "Harapan Untuk Ibu Kota Indonesia Setelah Pindah Dariku..."

  1. Paten, aku juga setuju banget sama wacana pemindahan ibukota baru ke Kalimantan

    BalasHapus
  2. I Hope So.

    Semoga saja dengan pindahnya ibukota ke Kalimantan, tidak menyebabkan hutan hutan jadi korban besar besaran

    BalasHapus
  3. I Hope So.

    Semoga saja dengan pindahnya ibukota ke Kalimantan, tidak menyebabkan hutan hutan jadi korban besar besaran

    BalasHapus
  4. Mantap kaka, amiin semoga dengan begitu menjadi indonesia maju dan lebih bain lagi untuk semua :D

    BalasHapus
  5. "ideal"nya Jakarta sebagai ibukota negara memang sudah mulai berkurang. Semoga pemindahan ibukota ke daerah Kalimantan ini dapat terencana dan berjalan dengan baik ya.

    BalasHapus
  6. Apabila ibu kota Jakarta pindah ke daerah kalimantan maka pasti banyak berubah mulai dari roda perkenomian maupun yang lainnya. Jakarta harus pindah

    BalasHapus
  7. Saya juga pro banget sama rencana pemindahan ibu kota ini. Rencana ini akan memberi angin perubahan terhadap pemerataan pembangunan ke Indonesia Timur. Setuju juga dengan ide penulis tentang Jakarta memang sudah tidak ideal.

    BalasHapus
  8. Bener Kak Rin. Misal ibukota pindah, semoga Jakarta tetap menjadi pusat administrasi yang baik

    BalasHapus
  9. Sebagai ibukota, memang Jakarta sudah tidak kuat lagi menurutku. Ke depannya bagus banget kalau Jakarta cuma dijadikan pusat bisnis, biarkan pemerintahan dijalankan di tempat lain. Penting juga sih ini biar pembangungan lebih merata

    BalasHapus
  10. Keren, saya baru tahu loh soal intrusi air laut. Yang umum didengar cuman penurunan daratan aja tanpa pernah tahu penyebab dasarnya apa dan ternyata karena kenaikan muka air laut yah. Wah bisa bahaya nih, lama-lama malah amblas daratannya. Kalau soal lokasi ibu kota, saya punya pendapat berbeda tapi intinya sama. Saya lebih setuju berada di antara Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Kenapa? Karena di saba sudah ada penunjang fasilitasnya jadi tinggal menambahkan atau menetapkan sedikit perubahan infrastruktur. Soalnya dalam sebuah kota juga mesti memperhitungankan akses dunia luar dan bahaya dunia luar. Misalnya di tempat yang saya harapkan sudah tersedia bandara dan pelabuhan yang otomatis dapat menunjang pembangunan secara masif. Kedua bahaya dunia itu maksudnya adalah penetapan ibu kota baru gak boleh dekat dengan wilayah perbatasan karena hal ini dapat menjadi sasaran empuk penyerangan negara luar. So, tentunya kita harus cari tempat yang aman dan nyaman. Tapi intinya sih harapan kita semua adalah ibukota baru nantinya dapat menjadi poros yang menghentikan kesenjangan pembangunan antara wilayah barat dan wilayah timur.

    BalasHapus
  11. Setuju banget kak,, intrusi air laut sangat berpengaruh untuk Jakarta saat ini dan nanti. Semoga Jakarta selalu baik ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel