Translate

World Science Day 2019 : Mengubah Peradaban Lewat Ilmu Pengetahuan


                Pada dasarnya, ilmu pengetahuan hadir di sekitar kita. Bahkan setiap hari, pengetahuan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Di dunia pendidikan, ilmu pengetahuan adalah hal yang harus kita pelajari. Bukan hanya di kalangan akademisi, ilmu pengetahuan pun diperlukan di kalangan profesi. Bagaimana bisa seorang dokter bekerja menangani pasien tanpa adanya ilmu medis? Dengan adanya ilmu pengetahuan sejak zaman Renaissance, UNESCO menetapkan tanggal 9 November sebagai hari Ilmu Pengetahuan sedunia, atau World Science Day.

                Bagaimana dengan negeri kita? Yang terbentang dari Sabang sampai Merauke? Kita juga merayakannya loh! Pada tahun ini, UNESCO mengadakan World Science Day for Peace and Development mengambil tema Open Science, Leaving no One Behind, ini artinya, UNESCO berharap bahwasanya perayaan hari ilmu pengetahuan sedunia dapat memastikan tiap-tiap masyarakat dapat turut serta dalam perkembangan ilmu pengetahuan, juga mendapatkan informasi yang relevan, secara menyeluruh mengenai perkembangan ilmu pengetahuan, kita pun harus menyoroti peran penting ilmu pengetahuan dan kebutuhan untuk melibatkan masyarakat, dalam isu-isu yang tengah terjadi, seperti yang tertera dalam poster berikut ini.


Ada nih kutipan yang bisa memperkuat pendapat aku tadi dari web UNESCO.

“World Science Day for Peace and Development highlights the important role of science in society and the need to engage the wider public in debates on emerging scientific issues. It also underlines the importance and relevance of science in our daily lives. By linking science more closely with society, World Science Day for Peace and Development aims to ensure that citizens are kept informed of developments in science. It also underscores the role scientists play in broadening our understanding of the remarkable, fragile planet we call home and in making our societies more sustainable.

Bagaimana Indonesia merayakan Hari Pengetahuan Sedunia?


Perayaan Hari Pengetahuan di Indonesia, dilaksanakan selama dua hari. Yakni tanggal 9 dan 10 November mendatang. Dengan perayaan ini, diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam perkembangan pengetahuan. Di Indonesia, World Science Day pada tahun ini dilaksanakan oleh KIR FOSCA dan mengambil tema The Power of Science. Proyek garapan ini, digarap sekitar 91 panitia, yang berasal dari sekolah di Jabodetabek. Baik dari sekolah negeri, swasta, maupun homeschooling. Berikut logo World Science Day Indonesia 2019.


World Science Day Hari Pertama


Akan dilaksanakan di SMA Negeri 66 Jakarta, dan diisi dengan lomba. World Science Day menyelenggarakan beberapa bidang lomba kece yang bisa banget kamu ikutin! Karena World Science Day adalah event nasional, yang bisa diikuti, selama kamu bersekolah di Indonesia. Ada lomba Karya Tulis Ilmiah. Nah, Lomba Karya Tulis Ilmiah ini bisa melatih kebahasaanmu, dan cara berpikirmu nih. Udah, jangan gadget mulu, di LKTI ini, kamu bisa ikut dalam Bidang Matematika dan Sains Teknologi dan Fisika Terapan. Eh, anak IPS nggak bisa dong ikut LKTI? Eits, bisa dong! Nggak cuma buat anak IPA, World Science Day juga bisa kamu ikuti, karena LKTI ada cabang Ilmu Sosial dan Humaniora.

Selain itu, kamu bisa banget ikut Lomba Cerdas Cermat. Kenapa? Lomba Cerdas Cermat ini, bisa melatih pemikiran kamu. Sebagai alumni olimpiade yang pakai sistem cerdas cermat (walau hampir empat tahun yang lalu) worth to follow sih asli. Memang, dua babak menggunakan kertas, tapi buat mereka yang emang menguasai bidang tersebut, jadi keuntungan tersendiri. Makanya, netizenku kudu banget ikut.

Rangkaian lomba World Science Day juga ada Lomba Essay yang nggak bisa kamu lewatkan. Karena Tema lomba Essay ini adalah The Power of Science, kece banget kan? Worth to say, essay itu bisa menjadi cara kamu menyampaikan pendapat atas suatu permasalahan, atau tema. The last, Roket Air! Roket air ini salah satu lomba yang paling exciting, nggak cuma desain roket, tapi kamu juga perlu memikirkan, berapa kira-kira jarak yang dapat roketmu tempuh. Ini sih pake konsep fisika, kebetulan banget, aku suka sama yang namanya fisika. Nah, ini nih poster Lomba World Science Day hari pertama!



Jadi itu, keseruan hari pertama yang bisa kamu ikuti, ya kali nggak kuy. Oh ya, untuk kamu yang mau main dan support temanmu, bisa banget! Silahkan datang, karena disana juga ada Campus Expo. Info lebih lanjut, kamu bisa klik di sini.

World Science Day Hari Kedua


Nah! Rinnetizens, untuk kamu yang nggak bisa ikut dalam rangkaian hari pertama, kamu bisa banget untuk ikut di hari kedua. Kenapa begitu? Karena nih, di hari kedua, nggak Cuma pelajar aja yang bisa ikut, Mahasiswa dan Umum juga bisa banget ikut di hari kedua. Emang hari kedua itu ada apa sih Rin?

Hari kedua, ada Seminar Nasional yang pembicaranya kece punya! World Science Day ini punya tiga pembicara, dari langit, daratan, dan lautan. Hah? Masa datang dari langit? Naik apa? Buroq? Lagi, itu manusia atau Alien? Dari darat mah masih bisa dipercaya sebagai manusia, lah kalo dari air? Eta teh Jurig Ciwis?

Eh stop, maksud aku tuh pembicaranya mewakili Tiga Dunia Alam Indonesia. Lihat poster ini, biar nggak salah sangka kaya tadi.



Hehe, nah itu yang aku maksud, pertama, Pak Evan Irawan Akbar S.Si, M.Si, beliau ini bakal membawakan materi Astronomi, beliau ini peneliti di Observatorium Bosscha, yang ada di Bandung itu, sekaligus dosen di ITB di Astronomi. Kece punya kan ya? ITB gengs bukan kaleng-kaleng. Selanjutnya, Ibu Noviar Andayani. Nah, Ibu ini juga nggak kalah kece bos, aku mau kasih tau, doi ini Ketua Yayasan Owa Jawa, juga Country Director Wildlife Conservation (WSC Indonesia) sekaligus Dosen Departemen Biologi FMIPA UI, Iya yang almamater kampusnya kuning. Doi bakal ngisi materi primatologi nih. The last, Ibu Intan Suci Nurhati, alias ibu @coral_oracle dari instagramnya aja udah keliatan kan? Doi ini peneliti Oceanografi LIPI, Iya LIPI, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, nanya mulu lu kaya apan tau. Kalau mau tanya, bisa ke IG WorldScience Day Indonesia.

Oke, pembacaku adalah pembaca cerdas, no reason to leave this. So, wanna take a part like us?

Let’s join us!

From the Bottom of Heart,

Us, Rinnesia Threads x WSD2019

Langganan yuk Netizens!:

6 Responses to "World Science Day 2019 : Mengubah Peradaban Lewat Ilmu Pengetahuan "

  1. keren ini...
    tulisannya berbobot!
    dan baru tau ada world science day hihihi

    BalasHapus
  2. Wahhh keren banget nih kak.. Aku baru tau ada World Science Day. Pasti lomba nya bakalan seru banget yaaaaa dan tentunya menarik.

    BalasHapus
  3. World Science Day, acaranya seru-seru banget tuh pasti. Ah, LKTI jadi inget dulu zaman-zaman SMA ikut lomba KTI, hehe. Aku penasaran sama Oceanografi LIPI, soalnya ada temenku yang kuliah di jurusan itu, pengen denger ahli dari bidang itu berbicara biar bisa nyambung ngobrol sama temenku, haha

    BalasHapus
  4. Secara pribadi, kalau baca paragrafnya udah ngerasa berat banget, meski di bagian bawah sifatnya tetap informatif ringan... Ya tergantung sih pada pengunjung... Kalau lagi butuh bacaan berat pasti butuh info ini. Tapi kalau butuh bacaan ringan, ya mungkin ga akan baca sampe bawah.

    BalasHapus
  5. Wah ada lomba roket air di world science day. Itu November tanggal 9 10 bulan depan kan ya? Kayanya seru event.y walaupun gua mantan anak IPA tapi gak begitu suka fisika, gak kuat ngitung2 rumus.y, apalagi diterapin buat roket air, liat produk jadinya aja lah biar tinggal nonton aja.

    Elo jadi panitia event ini juga kah Rin?

    BalasHapus
  6. Gw baru tau kalo ada world science day yang diselenggarakan di sekolah. Semoga aja bisa bermanfaat dan memberi dampak yang besar ke seluruh siswa yang merayakan.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel